Penting, install VPN pada router.. Bisa?

Penting, install VPN pada router.. Bisa?

VPN masih merupakan point pertahanan pertama untuk melindungi data pribadi saat sedang online. Tanpa VPN, seluruh data yang masuk maupun keluar dalam jaringan akan dengan mudah terekspos oleh siapa saja yang berniat jahat seperti saat menggunakan wifi gratisan di coffee shop, ISP atau bahkan kebijakan pemerintah yang memonitor kegiatan online masyarakat.
Tidak mengherankan jika kesadaran netizen terhadap privasi semakin meningkat sehingga sudah banyak menggunakan VPN untuk perlindungan.

Cara paling mudah untuk menggunakan VPN adalah dengan menginstall aplikasi VPN Client pada komputer. Rata-rata penyedia VPN menawarkan software client setidaknya untuk platform windows dan terkadang juga tersedia versi Mac dan Linux bahkan sekarang juga sudah banyak yang tersedia untuk perangkat mobile seperti Android dan IOS. Bahkan ada juga penyedia VPN yang menyediakan aplikasi untuk Blackberry atau perangkat seperti Boxee Box.

Sayangnya tidak ada penyedia VPN yang mampu mensupport seluruh perangkat yang anda gunakan satu per satu.

Bahkan kalaupun ada penyedia VPN yang bersedia membuat masing2 aplikasi untuk setiap perangkat yang ada, nyatanya masih saja ada perangkat baru yang tidak memungkinkan untuk di install aplikasi VPN seperti Smary Thermostat atau connected fridge atau Kamera Wireless.

Seiring dengan pertumbuhan perangkat pintar yang terhubung ke internet mengarahkan kita kepada sebuah kesimpulan yang mana “Lebih baik menghubungkan satu perangkat utama dari pada menghubungkan satu per satu perangkat ke VPN yang mana perangkat tersebut merupakan gerbang koneksi internet kita yang paling dahulu kena hack”.

Network-wide protection

Pengembangan dari VPN sama halnya dengan firewall pada kebanyakan network. Sebagaimana disadari, firewall menjaga seluruh network memfilter seluruh traffic masuk dan memblok semua kegiatan mencurigakan (sekaligus mengawasi traffic keluar). Meskipun untuk komputer windows audah disediakan firewall, dalam kebanyakan network hanya merupakan sebagai pelengkap saja. Dan firewall utama adalah firewall yang berupa hardware yang terletak pada router.

Jadi, seperti halnya router yang memiliki firewall untuk melindungi seluruh network dari malware atau hacking, router juga bisa disetting sehingga seluruh traffic baik masuk maupun keluar dapat terlindungi dengan VPN.

Dengan VPN yang terinstall pada router, seluruh perangkat yang terkoneksi ke router apakah melalui kabel atau wifi akan terlindungi oleh enkripsi sehingga lebih meningkatkan privasi dan keamanan data anda dan juga keuntungan lainnya yang tidak bisa dijelaskan secara detail.

Keuntungan lain dari menggunakan VPN pada router adalah VPN akan senantiasa aktif dan anda tidak perlu untuk menginstall ke masing2 perangkat.

Menghindari penyusup

Keuntungan lain dari penggunaaan VPN pada router yaitu perlindungan lain terhadap penyusup wifi dimana ketika ada orang lain yang tidak diketahui menjebol password wifi.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengamankan perangkat anda dari serangan penjebol wifi termasuk diantaranya menggunakan password yang complex dan panjang serta menggunakan kombinasi huruf besar, kecil, angka dan angka, mendisable PIN dan update firmware router.

Untuk kemungkinan terburuk, tetap masih ada sebagian orang yang mampu masuk ke wifi anda dan menggunakannya untuk memonitoring aktifitas online kita. Namun dengan menggunakan VPN setidaknya akan menambah kerjaan para perusak tersebut.

sebenarnya, masih banyak lagi keuntungan dalam penggunaan VPN pada router, namun bagaimana caranya?

Nantikan terus ya, di lain kesempatan akan saya kupas lagi tentang bagaimana menggunakan VPN langsung pada router… Bye…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *