Padang akan menyelenggarakan Padang Indian Ocean Music Festival (PIOMFest)

Padang akan menyelenggarakan Padang Indian Ocean Music Festival (PIOMFest)

Padang kota tercinta, kujaga dan kubela ditetapkan sebagai penyelenggara Padang Indian Ocean Music Festival (PIOMFest) pada tanggal 8-10 Desember mendatang.

PIOMFest sendiri direncanakan akan diikuti oleh negara anggota Indian Ocean Rim Association atau yang biasa disingkat IORA yang merupakan festival musik yang diadakan khusus untuk membangun kebersamaan antar anggota IORA beserta negara sahabat lainnya.

Event ini juga sejatinya sebagai salah satu cara bagi kota Padang untuk dapat meningkatkan kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk menyaksikan keindahan dan keramahan Kota Padang pada dunia internasional.

PIOMFest akan menjadi agenda tahunan karena akan mampu mengundang perhatian lebih terhadap kota padang yang sedang fokus untuk membenahi sektor pariwisata” kata Kepala Dinas Pariwisata Medi Iswandi

Sebagai tambahan, Kota Padang sebelumnya juga terpilih sebagai penyelenggara event tahunan konferensi IORA

Curator acara PIOMFest sendiri Edy Utama mengatakan bahwa format acara dari event ini hampir sama dengan Festival Musik Internasional Sawahlunto dimana lebih menekankan kepada musik tradisional.

“Padang menempati lokasi yang sangat strategis dari 21 negara yang menghadap kepada samudera Hindia beserta 6 negara lain seperti Jepang, china, francis dan lain-lain. Kerjasama ini dinamai IORA yang salah satu fokusnya adalah kerjasama dalah pengembangan kebudayaan. Kami sangat mengharapkan seluruh anggota IORA akan hadir dan berpartisipasi pada PIOMFest” Kata edy

Ada 21 negara dan 6 negara sahabat yang akan diundang untuk berpartisipasi pada PIOMFest.

Event pertama dari PIOMFest ini akan menampilkan musik dari empat negara yaitu India, Singapura, Jepang dan Indonesia.

Dari Indonesia sendiri yang akan tampil adalah Brevin Tarigan dari medan, Dol Arastra dari Bengkulu, Taufik Adam dari Jakarta, Riau Rithym Chamber dari Riau serta Talago Buni, Nan Tumpah Community, Sanggar Dayung-Dayung, Musik Gamad Music Group dan Grup Gamang Long Se Tong dari Sumatera Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *